• header
  • header

Selamat Datang di Website SMA NEGERI 1 KARANGNUNGGAL | SMANKA JUARA.

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


SMA NEGERI 1 KARANGNUNGGAL

NPSN : 20210742

Jl.Raya Karangnunggal 46186 Telp.0265-580256 Tasikmalaya


info@sman1karangnunggal.sch.id

TLP : 0265656565


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 318829
Pengunjung : 124614
Hari ini : 90
Hits hari ini : 296
Member Online : 131
IP : 3.237.67.179
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

  • KURNIA TAUPIK (Siswa)
    2017-12-14 17:13:54

    Hamdalah🙏
  • KURNIA TAUPIK (Siswa)
    2017-01-17 16:13:56

    been a long time~
  • KURNIA TAUPIK (Siswa)
    2016-07-15 15:44:58

    H-3 â
  • KURNIA TAUPIK (Siswa)
    2016-07-13 15:35:44

    H-5 balik sekolah ððð
  • KURNIA TAUPIK (Siswa)
    2016-07-06 02:19:54

    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1437 H.
  • KURNIA TAUPIK (Siswa)
    2016-07-06 02:19:07

    Minal \'aidin wal faizinððð mohon maaf lahir batin ya kalian, maaf kalau ada salah salah perkataan atau perbuatan yang disen...
  • KURNIA TAUPIK (Siswa)
    2016-07-06 02:18:49

    Taqabbalallahu minna wa minkumð
  • KURNIA TAUPIK (Siswa)
    2016-07-06 02:17:09

    D-Day !!!
  • KURNIA TAUPIK (Siswa)
    2016-07-06 02:16:53

    Semoga bisa bertemu dan menjalankan ibadah puasa di bulan Ramandhan tahun depan. Aamiin.
  • KURNIA TAUPIK (Siswa)
    2016-07-05 12:41:49

    D-1 ^^

Ekspektasi Vs Realita




Ekspektasi Vs Realita

 

Kita lupakan sejenak urusan pilkada dan segala kepentingannya. Kini, saatnya kita mencermati perjuangan anak-anak bangsa yang tengah berusaha masuk ke perguruan tinggi. Sebagaimana diketahui bersama setidaknya ada tiga pintu masuk menuju PTN. Yakni, SNMPTN, SBMPTN, dan jalur Mandiri. Masuk UIN se-Indonesia menggunakan istilah SPANPTKIN. Sedangkan untuk masuk ke politeknik sekarang dikenal dengan PMDKPN dan jalur tulis, untuk masuk poltekes dikenal dengan istilah PMDP dan jalur tulis. Selain perguruan tinggi negeri, kedinasan, politeknik, poltekes, siswa pun mempunyai kesempatan di perguruan tinggi swasta.

Kuota perguruan tinggi yang belum mampu menampung banyaknya siswa pendaftar menjadi masalah yang menjadikan angka partisipasi kasar pendidikan tinggi di Jawa barat masih dibawah APK nasional. Berbagai usaha telah dilakukan pemerintah provinsi untuk meningkatkan APK, diantarnya dengan menjadikan perguruan tinggi swasta menjadi perguruan tinggi negeri.

Kesadaran masyarakat terutama di daerah, masih sangat kurang dalam menyekolahkan anaknya ke perguruan tinggi. Jarak yang jauh, biaya kuliah yang tinggi menjadi alasan yang digunakan orang tua. Apalagi masyarakat dengan tingkat pendidikan rendah dan ekonomi yang lemah. Program bidik misi yang telah digulirkan oleh pemerintah belum dapat dipahami oleh masyarakat secara utuh.

Sosialisasi dari pemerintah di tingkat desa, kecamatan menjadi sangat penting dalam memberitahukan program-program pendidikan. Sekolah sebagai orang tua kedua mempunyai peranan yang sangat besar dalam memotivasi siswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya. Rapat orang tua melalui komite sekolah menjadi salah satu sarana untuk mensosialisasikan mengenai perguruan tinggi.

Peranan guru, terutama guru BK menjadi sangat dibutuhkan dalam mendata siswa yang mempunyai kesempatan dan memberikan peluang bagi siswa di sekolahnya. Sekolah dalam hal ini guru, seharusnya mampu mengarahkan dan memetakan siswa untuk masuk ke perguruan tinggi, baik siswa reguler atau bidik misi.

Untuk lolos SNMPTN, siswa harus memperhatikan rekam jejak alumni di universitas tersebut dengan memilih jurusan dengan peluang terbesar berdasarkan nilai rapor yang dimilikinya. SNMPTN hendaknya tidak dijadikan satu-satunya pintu masuk perguruan tinggi, siswa harus mempersipkan rencana sebanyak-banyaknya dari kesempatan yang ada. Apalagi jatah yang bisa ikut SNMPTN dari sekolah yang terakreditasi A saja hanya 50%, ini artinya semua siswa tetap harus mempersiapkan SBMPTN atau ujian mandiri dengan belajar maksimal. Selain itu, siswa mendaftarkan diri ke politeknik, poltekes atau sekolah kedinasan yang sesuai dengan minatnya.

Jika siswa terlalu yakin dengan mengandalkan 1 pilihan, misalkan SNMPTN saja, maka apabila tidak lolos, persiapan untuk daftar jalur lain (jalur tulis) akan kurang dalam persiapannya. Dengan persiapan tes yang relatif singkat, dikhawatirkan hasilnya tidak akan maksimal.

Harapan untuk lolos perguruan tinggi merupakan harapan setiap siswa yang akan melanjutkan pendidikan sesuai dengan minatnya, namun kenyataannya masuk perguruan tinggi tidak semudah seperti yang diinginkan. Usaha siswa untuk menggapai harapan, harus didukung komponen lain yang ikut menjembatani ekspektasi mereka. Ketersediaan kuota perguruan tinggi, arahan guru di sekolah, kualitas sekolah, biaya dan dorongan dari orang tua serta peran aktif pemerintah agar ekspektasi mereka menjadi realita.




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :

Pengirim : SAZFHI ID -  [sazfhi@programmer.net]  Tanggal : 05/09/2019
<a href='https://sazfhi-id.blogspot.com'>SAZFHI Indonesia</a> - Website yang Dipelopori oleh pemuda jakarta yang gemar akan dunia Anime & Teknologi.

<a href='https://sazfhi-files.blogspot.com'>SAZFHI Files</a> - Free Download File Terbaru Terbaik Bebas dari Virus Free Update Setiap hari.

<a href='https://www.bayrier.me'>Bayrier Indonesia</a> - Website yang berisikan tentang berbagai ilmu pengetahuan mengenai teknologi, tutorial dan lain sebagainya.


   Kembali ke Atas